Categories
Artikel

Mendekatkan Layanan Kesehatan

Ratusan anak dan ibu/wali penerima manfaat berkumpul saat pencairan dana program BANGGA Papua.

Bagikan:

Ratusan anak dan ibu/wali penerima manfaat berkumpul saat pencairan dana program BANGGA Papua. Mereka datang dari kampung yang jauh dan seringkali sulit dijangkau. Ini adalah momen emas yang langsung dimanfaatkan oleh tenaga-tenaga kesehatan untuk memberikan layanan kesehatan. Anak-anak diperiksa kesehatannya, diberikan #imunisasi, ditimbang berat badannya dan diukur tingginya untuk mencegah #stunting.

“Biasanya kita susah ketemu mereka (mama-mama dan anak balita) karena mereka sering ke hutan. Mumpung mereka berkumpul di waktu pencairan dana BANGGA Papua, sekalian saja kita adakan layanan kesehatan,” ujar Matea Yyongarut, Petugas Puskesmas Kecamatan Pulau Tiga, Kabupaten Asmat.

Sejak program dimulai, Sekber (sekretariat bersama) Kabupaten Asmat memang berkolaborasi dengan multipihak. Selain lembaga pemerintah lintas sektor, tokoh agama dan tokoh adat, tenaga kesehatan seperti kader posyandu, bidan puskesmas, kepala puskesmas dan lain-lain, dilibatkan secara aktif dalam sosialisasi program, pendataan penerima manfaat dan kegiatan pencairan dana. Dalam kegiatan pencairan dana inilah mereka memberikan edukasi tentang pentingnya gizi dan kesehatan anak serta memotivasi ibu agar menggunakan dana yang diberikan untuk memenuhi kebutuhan gizi dan kesehatan anak-anaknya.

Inilah salah satu cara pemanfaatan Dana Otsus Papua yang langsung dirasakan oleh masyarakat.

Bagikan:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *